Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

PECAT RUDIANTARA Nasional


 

by M Rizal Fadillah *)

Usaha menarik dua unicorn Traveloka dan Tokopedia milik non muslim ke usaha kegiatan ibadah umroh melalui MOU dengan pihak Saudia  Arabia mesti dibatalkan. Hal ini berkaitan dengan langkah salah sang Menteri.  
Rudiantara seperti yang tidak mengerti banyak hal yang berkaitan dengan MOU yang dibuatnya. Ia hanya berfikir satu aspek saja "digitalisasi" selainnya tidak. 

Ada tiga pelanggaran utama yang menyebabkan layaknya Rudiantara untuk dipecat dari kedudukannya sebagai Menteri.

Pertama, mengambil alih kewenangan Menteri lain. Digitalisasi umroh enterprise sebagai obyek MOU menegaskan adanya kegiatan ibadah umroh sebagai aktivitas utama. Ini adalah kewenangan dari Kementerian Agama. Dan dalam  konteks hubungan luar negeri yang bersifat G to G  tentu menjadi bagian dari Kewenangan Kementrian Luarnegeri. MOU tanpa melibatkan kedua kementrian atau "nyelonong" sendirian adalah salah besar. 

Kedua, menarik hanya dua unicorn  Tokopedia dan Traveloka dengan tidak membawa unicorn  atau perusahaan "stars up" lain merupakan kebijakan melakukan praktek monopoli dan oligopoli yang dilarang oleh UU No 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Bahkan dengan menganakemaskan dua unicorn ini maka Rudiantara diduga telah melakukan kolusi yang dilarang oleh UU No 29 tahun 1999 tentang Pemerintahan yang Bersih dan Bebas KKN. Jika terus ditindaklanjuti sangat besar bergeser pada tindak pidana korupsi yang diatur oleh UU No 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi. 

Ketiga, melabrak UU haji dan umroh. Menurut UU No 8 tahun 2019 ini Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji dan Umroh haruslah "warganegara Indonesia beragama Islam". Ini tentu berkaitan dengan umroh adalah kegiatan ritual ibadah agama Islam. Asas "syari'ah" adalah  pokok. Tokopedia dan Traveloka dimiliki oleh "non muslim" dan "keturunan". Yang kedua mungkin tak salah. Namun status "non muslim" jelas bermasalah karena bertentangan dengan Pasal 2 dan Pasal 89 UU No 8 tahun 2019 tersebut. 

Meskipun mungkin argumen kelak Menteri Rudiantara bahwa Tokopedia dan Traveloka itu bukan dan tidak akan menjadi PPIU namun sebagian besar fungsi PPIU bisa dikerjakan oleh kedua unicorn ini. Lagipula ini bertentangan dengan kebijakan Kemenag yang terus membina dan memperketat  PPIU sementara dengan MOU Rudiantara ini justru melonggar longgarkan. 

Mengingat kontroversi langkah Menteri agar tidak membuahkan kekacauan dalam penyelenggaraan ibadah umroh, maka sebaiknya Pemerintah mengambil langkah tegas untuk memecat Rudiantara, membatalkan MOU, mengembalikan kewenangan Kemenag, melibatkan asosiasi penyelenggaraan haji dan umroh serta fokus pada penyehatan dan pengembangan PPIU sesuai UU No 8 tahun 2019.

Jika terjadi pembiaran maka Pemerintah memang tidak mempraktekkan asas "good gouvernance" dan ujungnya adalah tindakan kesewenang-wenangan. 
DPR RI mesti serius mengawasi dan mengingatkan. 
#Umrohadalahibadah

*) Pemerhati Politik dan Keagamaan
 

Bandung 19 Juli 2019

 

*********************************************************************

Salurkan donasi antum untuk menjaga Aqidah Umat dalam berbagai Program ANNAS FOUNDATION

Ke No. Rek. an. ANNAS FOUNDATION
Bank Muamalat :
129 000 3048 (Wakaf)
129 000 3049 (Shodaqoh)
129 000 3050 (Zakat)

Bank Mandiri :
13000 41 3000 40 (Wakaf)
13000 51 3000 54 (Shodaqoh)
13000 41 3000 57 (Zakat)

Hubungi Hot Line Kami 
Di 081 12345 741

Atau Bisa Langsung Ke Kantor Kas ANNAS Foundation 
Di Jl. CIJAGRA RAYA NO 39 
BANDUNG
Senin sd Sabtu 09.00 sd 15.30


#ANNAS
#SyiahbukanIslam
#JundullahANNAS
#GEMAANNAS
#GARDAANNAS
#ANNASFoundation

#ANNASINDONESIA
 

Dikutip dari             : -

Penulis                   : M Rizal Fadillah
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments