Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

DOA YG TERTUKAR OLEH BAL'AM BIN BAURA Nasional


 

Salah menyebutkan isi doa sehingga tertukar inti tujuan doa pernah terjadi pada zaman dahulu. Karena itu kita dilarang berdoa yg jelek utk diri sendiri, utk anak kita maupun untuk harta yg kita miliki. 
Simaklah kasus yg dimuat dalam Tafsir Ibnu Katsir pada surah al-A'raf ayat 175 - 177.
***
Salah satu pengikut Nabi Musa As ada seorang cerdik pandai yang bisa memahami dengan baik kitab Taurat. Ia terbukti menunaikan tugas keulamaannya dengan baik. Dan dia terkenal sebagai ulama yang doanya tokcer, makbul langsung dijawab oleh Allah Swt. 
Mengapa? Karena ia memahami benar asma Allah yang agung. Ia selalu awali setiap doanya dengan membaca asma yang agung tsb. Dialah Bal’am bin Ba’ura.
***
Suatu saat ia ditugaskan oleh Nabi Musa As untuk berdakwah ke negeri Kan’an. Versi lain menyebutkan bahwa Bal’am memang tinggal di Kan’an. Tugas mulia yg ditugaskan kepadanya adalah untuk mengajak kepada iman tauhid dan menegakkan syariah Allah di bumi Kan’an. 
Bal’am memberitahukan kepada kaumnya tentang kekuatan Nabi Musa As beserta pasukannya. Akhirnya nyali mereka menjadi kecil takut dikalahkan Nabi Musa As. Saat itu mereka tahu bahwa Bal’am mempunyai senjata ampuh yaitu Doa yang Mustajab. Setiap berdoa untuk suatu masalah, selalu maqbul, banyak saksi melihat keampuhannya.

Mereka kemudian memohon kepada Bal’am agar bersedia mendoakan demi kehancuran Nabi Musa As dan pasukannya, serta mendoakan kebaikan demi bangsa Kan’an. Bal’am kemudian berpikir dan menghitung untung ruginya. 
Dia menjawab. Apabila saya mengabulkan permintaan kalian, maka saya akan kehilangan dunia dan mendapat kerugian yang nyata di akherat kelak.

Mereka terus membujuk dan menyediakan berbagai rayuan harta kemewahan dan bujukan kedudukan. Akhirnya ia bersedia, bahkan berpihak kepada bangsa Kan’an. Dan berlepas diri dari ajaran syariah yang termaktub dalam kita Taurat. Di depan khalayak Kan’an, Bal’am dengan yakin membacakan doa yang diminta. Namun ternyata yang terucapkan oleh Bal’am dan terdengar oleh khalayak Kan’an adalah doa yang sebaliknya. Yaitu doa kebaikan bagi Nabi Musa As dan kehancuran bagi Kan’an. 
Khalayak Kan’an protes kepada Bal’am. Akhirnya Bal’am mengulanginya lagi. Ternyata yang terdengar masih seperti semula. Kemudian turunlah bencana kepada Khalayak Kan’an dan turun kebaikan kepada Nabi Musa As dan pengikutnya.

***

Sungguh saya tdk menyamakan orang yg salah menyebut nama dalam doa dengan perilaku Bal'am bin Baura. Tetapi kesalahan menyebut itu benar-benar pernah terjadi di zaman nabi Musa As. Bahkan Allah yg maha kuasa mengabulkan doa yg tertukar tsb.

(Fatchul Umam).



 

*********************************************************************

Salurkan donasi antum untuk menjaga Aqidah Umat dalam berbagai Program ANNAS FOUNDATION

Ke No. Rek. an. ANNAS FOUNDATION
Bank Muamalat :
129 000 3048 (Wakaf)
129 000 3049 (Shodaqoh)
129 000 3050 (Zakat)

Bank Mandiri :
13000 41 3000 40 (Wakaf)
13000 51 3000 54 (Shodaqoh)
13000 41 3000 57 (Zakat)

Hubungi Hot Line Kami 
Di 081 12345 741

Atau Bisa Langsung Ke Kantor Kas ANNAS Foundation 
Di Jl. CIJAGRA RAYA NO 39 
BANDUNG
Senin sd Sabtu 09.00 sd 15.30


#ANNAS
#SyiahbukanIslam
#JundullahANNAS
#GEMAANNAS
#GARDAANNAS
#ANNASFoundation

#ANNASINDONESIA
 

Dikutip dari             : -

Penulis                   : Drs. H. Fatchul Umam, MBA
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments