Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

SENYUM Oase Iman


Dari Ummi Darda’: Adalah Abu Darda tidak membicarakan suatu pembicaraan kecuali sambil tersenyum. Aku berkata kepadanya; “Aku khawatir orang-orang akan menganggap kamu orang pandir.” Abu Darda` berkata; “Ketahuilah bahwa tidaklah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam membicarakan sesuatu kecuali beliau tersenyum.“ (HR Ahmad)

Rasulullah S.A.W. adalah suri teladan terbaik bagi manusia. Beliau mencontohkan cara berbicara dengan tersenyum hampir di semua pembicaraan beliau. Dalam hadits riwayat Bukhari, Jarir radliallahu ‘anhu berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah melarangku untuk bertemu beliau semenjak aku masuk Islam dan tidaklah beliau melihat aku melainkan beliau tersenyum ke wajahku (HR Bukhari).

Rasulullah juga memerintahkan kita untuk tersenyum ketika berbicara kepada orang lain:

لَا تَحْقِرَنَّ شَيْئًا مِنْ الْمَعْرُوفِ وَأَنْ تُكَلِّمَ أَخَاكَ وَأَنْتَ مُنْبَسِطٌ إِلَيْهِ وَجْهُكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ الْمَعْرُوفِ

Janganlah engkau remehkan perkara ma’ruf, berbicaralah kepada saudaramu dengan wajah yang penuh senyum dan berseri, sebab itu bagian dari perkara yang ma’ruf” (HR Abu Daud)

Ahmad juga meriwayatkan hadits senada dengan redaksi yang sedikit berbeda.

Di kalangan sahabat, rasulullah dikenal sebagai orang yang paling banyak senyumnya.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ جَزْءٍ قَالَ مَا رَأَيْتُ أَحَدًا أَكْثَرَ تَبَسُّمًا مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Dari Abdullah bin Al Harits bin Jaz`i dia berkata; “Aku tidak pernah melihat seseorang yang paling banyak senyumannya selain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.” (HR Turmudzi)

 

Dikutip dari           :  -

Penulis                  : Redaksi
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments